27/04/18

Lembar jawaban UTS


 
Nama    : Welly hamzah F
Kelas     : Tekpen B
Nim       : 17861002


Lembar jawaban UTS Teknologi Informasi

1.      Teknologi Informasi mempunyai peran,:
                    1.      TI untuk peningkatan dan pengembangan kemampuan profesional tenaga pengajar,
                    2.      TI sebagai sumber belajar dalam pembelajaran,
                    3.      TI sebagai alat bantu interaksi pembelajaran


         A. Manfaat Teknologi Informasi antara lain :
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan
  2. Konsultasi dengan pakar, konsultasi dangan para ahli dibidangnya dapat dilakukan dengan mudah walaupun ahli tersebut berada ditempat yang sangat jauh.
  3. Perpustakaan online, perpusatakaan online adalah perpustakaan dalam bentuk digital.
  4. Diskusi online. Diskusi online adalah diskusi yang dilakukan melalui internet.
  5. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  6. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  7. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
     B. Dampak Negatif Teknologi Informasi
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention).
Sumber


2.      Bagian-bagian Komputer
a.       Software
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :
  1. Sistem Operasi : Software yang memang ada untuk jalur penghubung antara pengguna dengan hardware. Contohnya seperti : Windows, Linux dan Mac OS.
  2. Software Aplikasi : Software yang berguna untuk diaplikasikan untuk memenuhi kebutuhan dan kepentingan pengguna. Contohnya seperti : Microsoft Office, Libre Office dan sebagainya.

b.      hardware
Hardware (Perangkat Keras) : Suatu komponen yang ada pada komputer, bisa dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik. Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
  1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.




c.       Braiware
Brainware (Pengguna) : Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.

Sumber :
http://www.habibullahurl.com/2015/07/pengertian-hardware-software-dan-brainware.html




3.      3. Peranan dan manfat multimedia
Penggunaan multimedia dan alat peraga dalam pembelajaran adalah suatu upaya untuk menciptakan suasana belajar kreatif dan inovatif tanpa mengurangi tujuan belajar yang sesungguhnya yaitu adanya perubahan tingkah laku siswa yang dapat diukur dan diamati. Menciptakan suasana belajar yang menarik bagi siswa tentulah hal yang ingin dicapai oleh guru dimanapun dan kapanpun juga. Dengan menarik perhatian siswa pada KBM yang guru ciptakan tentulah motivasi belajar siswa akan meningkat demikian pula pemahaman akan konsep materi pelajaran yang tentu saja berdampak pada hasil belajar siswa yang meningkat pula.
Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi multimedia mampu memberi kesan yang besar dalam bidang komunikasi dan pendidikan karena bisa mengintegrasikan teks, grafik,animasi, audio dan video. Multimedia telah mengembangkan proses pengajaran dan pembelajaran ke arah yang lebih dinamik. Namun yang lebih penting ialah pemahaman tentang bagaimana menggunakan teknologi tersebut dengan lebih efektif dan dapat menghasilkan ide–ide untuk pengajaran dan pembelajaran.
Pada masa kini, guru perlu mempunyai kemahiran dan keyakinan diri dalam menggunakan teknologi ini dengan cara yang paling berkesan. Suasana pengajaran dan pembelajaran yang interaktif, lebih menggalakkan komunikasi aktif antara berbagai hal. Penggunaan komputer multimedia dalam proses pengajaran dan pembelajaran adalah dengan tujuan meningkatkan mutu pengajaran dan pembelajaran. Dengan berkembangnya teknologi multimedia, unsur-unsur video, bunyi, teks dan grafik dapat dikemas menjadi satu melalui Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK).
Sumber,;
https://www.winnertech.co.id/peranan-multimedia-dalam-pembelajaran/

4.      4. Penerapan dan manfaat  Internet
            Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat merupakan potensi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Internet sebagai anak kandung dari teknologi informasi menyimpan informasi tentang segala hal yang tidak terbatas yang dapat di gali untuk kepentingan pengembangan pendidikan. Dengan internet belajar tidak lagi di batasi ruang dan waktu.
Keberadaan teknologi informasi bagi dunia pendidikan berarti tersedianya saluran atau sarana yang dapat dipakai untuk menyiarkan program pembelajaran baik secara searah ataupun secara interaktif.
Untuk memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pendidikan, ada beberapa langkah pengembangan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :

     merancang dan membuat aplikasi database, yang menyimpan dan mengolah data dan informasi akademik, baik sistem perkuliahan, manajemen pendidikan, maupun materi pembelajaran.
    Merancang dan membuat aplikasi pembelajaran berbasis portal, web, multimedia interaktif, yang terdiri atas aplikasi tutorial dan learning tool.
    Mengoptimalkan pemanfaatan tv edukasi sebagai materi pengayaan dalam rangka menunjang peningkatan mutu pendidikan.
    Mengimplementasikan sistem secara bertahap mulai dari lingkup yang lebih kecil hingga meluas, sehingga memudahkan managemen pemanfaatan teknologi informasi dalam proses penyelenggaraan pendidikan.







Dampak negative dari Internet,:
Berikut kami paparkan dampak negatif dari internet:
Ø  Pornografi
Pornografi memang seringkali diidentikkan dengan internet. Hal itu karena banyak sekali    situs-situs porno yang tersebar di internet. Apalagi situs-situs tersebut mudah sekali diakses oleh semua kalangan karena kebebasan yang diberikan oleh internet.




Oleh karena itu untuk mengantisipasi siswa-siswa agar tidak mengakses situs-situs pornografi, maka harus ada edukasi dari pihak sekolah atau bahkan pemerintah tentang penggunaan internet positif. Orang tua juga tentunya tak luput dalam mengedukasi dan mengawasi penggunaan internet anak-anaknya.

Ø  Kekerasan
Selain pornografi, tindak kekerasan juga tak jarang ditampilkan secara serampangan di internet. Hal itu tentu saja, jika para siswa melihatnya dan tak ada edukasi dari pihak lain, maka dapat mempengaruhi tingkah laku mereka.


Kekerasan di internet menjadi sulit untuk dihilangkan karena dari sisi bisnis, sangatlah menjual. Maka dari itulah, pentingnya kewaspadaan kita terhadap penggunaan internet menjadi suatu keharusan.
Ø  Kecanduan
Internet dengan segala informasi dan hiburan yang tersedia disana tentu saja membuat banyak orang enggan untuk berhenti. Saat ini banyak pula siswa-siswa yang kecanduan bermain game-game online atau ada juga yang kecanduan bermain media sosial.


Dampaknya? Dampak negatifnya tentu siswa-siswa menjadi malas untuk belajar dan menunda-nunda dalam mengerjakan tugas.
Ø  Anti Sosial
Seperti yang dijelaskan di nomor sebelumnya, internet bisa membuat kecanduan para penggunanya. Siswa-siswa yang terbiasa berkomunikasi atau terhubung dengan orang lain lama kelamaan akan merasa malas untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain secara langsung.

 Mereka merasa kebutuhan sosialnya sudah cukup terpenuhi dengan menggunakan internet.
Sumber :
 http://www.internetcepat.com/dampak-positif-dan-negatif-internet-dalam-bidang-pendidikan/

Manfaat blog setelah pembelajaran mata kuliah teknologi informasi bagi saya Alhamdulilah bisa dibawa tempat pekerjaan seperti halnya SD tempat bekerja sudah membuat blog dengan nama sdn3margawti.blogspot.com serta tempat menyalurkan hobi sepak bola dengan alamat pumaps.blogspot.com , dengan tujuan untuk menyampaikan informasi dan untuk mengembangkan pembelajaran via Blog.
 Blog terkait 

pembelajaran tentang multi media di SD

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SELAMAT DATANG

IPI GARUT

Cari Blog Ini

pengunjung

sepanjang jalan kita,.

ketika kita melihat kebelakang ternyata terlalu banyak jejak yang kita tinggalkan, satu persatu jejak kaki kita hapus walau tak semuanya terhapus,...